• Home
  • Nasional
  • Pelantikan Pimpinan KPK Bersamaan dengan Dewan Pengawas

Pelantikan Pimpinan KPK Bersamaan dengan Dewan Pengawas

Rabu, 11 Desember 2019 22:30:00
BAGIKAN:
net
JAKARTA (JEBATNEWS.COM)- Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Fadjroel Rachman mengatakan, pelantikan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dilakukan secara bersamaan dengan pelantikan anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Pelantikan itu dijelaskannya, diperkirakan akan berlangsung pada 20 atau 21 Desember 2019 mendatang. Fadjroel mengklaim pemilihan lima orang Dewas ini merupakan tokoh yang bersih dan terbaik.

"Semua persyaratan Dewas mematuhi UU Nomor 19 Tahun 2019 selain diarahkan sikap politik Presiden Joko Widodo yaitu pemerintahan bersih dan antikorupsi. In Syaa Allah Dewas KPK terpilih ini adalah terbaik dan terbersih," kata Fadjroel dalam keterangannya, Rabu (11/12/2019).

"Adapun pelantikan Dewas bersamaan waktunya dengan pelantikan Pimpinan KPK yang baru, seperti yang tercantum pada Pasal 69A ayat 4, 'Pengangkatan ketua dan anggota dewan pengawas sebagaimana dimaksud pada ayat 1, dilaksanakan bersamaan dengan pengangkatan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi periode tahun 2019 sampai dengan tahun 2023',"sambungnya.

Ia menambahkan, lima orang Dewas KPK akan diambil dari unsur ahli hukum, perbankan, hingga keuangan. Mantan Komisaris Adhy Karya itu memastikan, Jokowi akan menunjuk Dewas lembaga antirasuah sesuai dengan UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Menurut UU Nomor 19 Tahun 2019, persyaratan Dewas yang khusus hanya berusia minimal 55 tahun dan lulus S1. Kalau pimpinan KPK ada syarat berpengalaman minimal 15 tahun di hukum, perbankan, keuangan dan lainnya," tandas Fadjroel.


Sumber: okenews.com
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR