• Home
  • Info Desa
  • Bupati Amril: Pemdes harus Alokasikan Dana 5 Persen untuk Literasi Desa

Bupati Amril: Pemdes harus Alokasikan Dana 5 Persen untuk Literasi Desa

Rabu, 01 Mei 2019 19:04:00
BAGIKAN:
Peresmian Perpustakan Puti Jaum Pemilin oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin. Rabu 01 Mei 2019
BATHIN SOLAPAN (JEBATNEWS.COM)- Bupati Bengkalis, Amril Mukminin minta Pemerintahan Desa (Pemdes) mengalokasikan dana 5 persen untuk pembangunan literasi desa. Hal ini penting alam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu disampaikannya saat meresmikan Perpustakaan Puti Jaum Pemilin Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Rabu 1 Mei 2019.

Dikatakannya, jika seluruh desa yang ada di Kabupaten Bengkalis ini, menyisihkan dananya sebesar 5 persen dari total Anggaran Pendapatan Belanja Desa, maka seluruh desa akan tumbuh pusat informasi. Selain itu, langkah tersebut untuk meningkatkan semangat dan kesadaran masyarakat untuk gemar membaca.

"Saat ini, gemar baca masyarakat, khususnya generasi muda sangat rendah. Kami harapkan seluruh desa membangun pusat literasi atau perpustakaan desa," ujarnya.

Keberadaan perpustakaan, diharapkan tidak hanya menjadi tempat menyimpan dan pajangan buku-buku, tapi harus menjadi wahana baru sebagai laman rekreasi dan pembelajaran sepanjang hayat, tapi dapat juga tumbuh sebagai kekuatan ekonomi sekaligus sebagai objek wisata ilmu.

Tentu untuk menjadikan pusat literasi menjadi tumpuan bagi masyarakat, Bupati Amril Mukminin minta kepada pengelola untuk lebih kreatif dan inovatif. Misalnya, memadukan kemajuan teknologi informasi dan digitalsiasi.

Ditambahkannya, perpustakaan desa bisa dianggap sebagai lembaga penyedia informasi, sekaligus penyebar luasan informasi ke masyarakat. Tentu harus ditopang dengan manajemen yang memadai.

Terkait dengan keberadaan Perpustakaan Puti Jaum Pemilin Desa Kesumbu Ampai, Amril Mukminin memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Terutama kepada kepala desa, Badan Permusyarawatan Desa dan seluruh masyarakat yang mendukungnya.

Ia berharap, agar keberadaan perpustakaan desa ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan masyarakat Desa Kesumbo Ampai, sehingga menjadi SDM berkualitas.

Peresmian Perpustakan Puti Jaum Pemilin, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin. rls
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR