Sabtu, 26 Januari 2019 23:20:00

Seminar Nasional, Zaman Now Tanam Enau

Ketua AAI Bengkalis, Syahminan saat menyampaikan sambutan
ASOSIASI Aren Indonesia Kabupaten Bengkalis mengadakan Seminar Nasional dengan tema "Potensi dan Peluang Budidaya Aren di Tanah Gambut", Sabtu (26/1) di Gedung LAMR Bengkalis.

Seminar dihadiri Gubernur Riau terpilih H. Syamsuar, M.Si selaku Keynote Speaker, H Syofyan Said Pengurus LAMR. Sedangkan pemateri Muhammad Isnaini yang akrab disapa Bang Pilot dari Dewan Pakar DPP AAI, DR. Haris dari Deputi Badan Restorasi Gambut, H.Jon Erizal, SE, MM dari Komisi XI DPR RI,  H.M. Rizal Akbar Ketua Yayasan Institut Agama Islam Tafakuhfiddin Dumai, serta dari DPW AAI Riau dan para undangan dari Pekanbaru, Dumai, Rohul, Keulauan Meranti, Siak dan Bengkalis.

Ketua Asosiasi Aren Kabupaten Bengkalis, DR.Eng.Mohamad Syahminan,ST.MT menyebut, sari nira aren dapat diproduksi biotanol (bahan bakar alternative pengganti premium dan pertamax).

Selain itu, pohon aren juga merupakan pohon konservasi. Pelepah dan akar pohon aren dapat menahan dan menyimpan air hujan dalam jumlah banyak.

Syahminan, anak asli Parit Bangkung, Bengkalis ini menjelaskan, peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Komunitas Aren Indonesia (Petani, Pengusaha dan Pengelola Lingkungan berbasis Aren), akademisi, peneliti, mahasiswa, masyarakat dan pemerintah dalam bidang pengembangan aren dari seluruh Indonesia.

Tujuan diselenggarakannya seminar nasional ini adalah antara untuk mensosialisasikan dan saling tukar-tukar informasi tentang perkembangan penelitian, pengetahuan dan teknologi tepat guna terkait dengan multi fungsi pohon aren (enau) dari berbagai penjuru nusantara.

Serta menumbuhkan kesadaran dan kecintaan para pihak, terutama kalangan generasi muda, dalam penyelamatan lingkungan sekaligus peningkatan kesejahteraan ekonomi berbasis pembudidayaan dan pemeliharaan pohon aren.

"Mudah-mudahan kegiatan yang diadakan ini dapat menjadi sarana temu nasional komunitas pencinta aren dari berbagai kalangan, baik petani, pelaku usaha budidaya aren dan pengusaha berbahan baku produk aren," ujarnya.
  •  
    Tanya jawab antara peserta dan narasumber di Seminar Nasional AAI Bengkalis
  •  
    Peserta Seminar Nasional AAI Bengkalis menyimak pemaparan narasumber
  •  
    Jon Erizal saat jari narasumber di Seminar Nasional AAI Bengkalis
  •  
    Ketua AAI Bengkalis menyambut kedatangan pemateri, Jon Erizal
  •  
    Para tamu undangan Seminar Nasional AAI Bengkalis
  •  
    Peserta Seminar Nasional AAI Bengkalis
  •  
    Terlihat para narasumber mengikuti rangkaian acara
  •  
    Panitia Seminar Nasional AAI Bengkalis