• Home
  • Ekonomi
  • Darmin Nasution sebut Usaha Pemerintahan Jokowi Pulihkan Ekonomi Melambat

Darmin Nasution sebut Usaha Pemerintahan Jokowi Pulihkan Ekonomi Melambat

Selasa, 30 Mei 2017 11:40:00
BAGIKAN:
Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengaku usaha pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pulih dari kondisi ekonomi yang melambat di 2013-2014 mulai terlihat. (detikcom)
JAKARTA (JEBATNEWS.COM) - Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengaku usaha pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pulih dari kondisi ekonomi yang melambat di 2013-2014 mulai terlihat. 

Darmin bercerita, kondisi perekonomian global yang melemah di 2013 perlahan bisa dibalikkan dengan berbagai kebijakan yang telah diterapkan oleh pemerintah.

"Pemerintah memang sejak kuartal empat tahun lalu itu semakin menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi kita, sebetulnya sedikit banyak berhasil dibalikkan arahnya yang tadinya dari tahun 2013-2014 yang mulai melambat, itu dicoba dibalikkan dengan berbagai kebijakan yang berani dan penting. Dan itu sedikit banyak berhasil," kata Darmin membuka Seminar bertajuk 'Indonesia Menuju Ekonomi Berkeadilan' di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Pemerintah melakukan sejumlah tranformasi dalam bidang anggaran, dengan mengonversi sebagian besar subsidi yang selama ini dinilai konsumtif menjadi pembiayaan untuk infrastruktur, yang dirasa sudah sangat jauh tertinggal di masa saat ini.

"Pada waktu itu mungkin semua belum menyadari dengan baik, tahu-tahu pemerintah sudah melakukannya pada awal pemerintahan ini dibentuk. Itu adalah awal yang utama untuk mendorong ketertinggalan yang sudah cukup jauh dalam pembangunan infrastruktur," ucap Darmin.

Keteguhan pemerintahan pimpinan Jokowi dalam mencabut subsidi yang selama ini tidak tepat sasaran, menurutnya menjadi awal bagaimana ekonomi Indonesia mencoba melakukan pemerataan yang berkeadilan.

"Yang dilakukan adalah mencoba merumuskan di beberapa sektor, walaupun tak selalu bisa dirumuskan dengan tajam, tapi terlihat bahwa pemerintahan ini mengupayakan pemerintahan ini mendorong kembali sektor-sektor yang sebetulnya transformasi ekonomi. Yaitu sektor industri manufaktur, pariwisata, dan perikanan. Walaupun tentunya tidak bisa banyak bermimpi di dalam situasi global seperti ini bisa membalikkan situasi yang signifikan," tukasnya.

Sumber: detik.com
Editor: Defri Hidayat
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Presiden Jokowi: Banyak Oknum Polisi-Jaksa Peras Pengusaha, Saya Minta Dipecat

    JAKARTA (JEBATNEWS.COM)- Presiden Joko Widodo buka-bukaan, Ia kerap mendapat laporan mengenai banyaknya oknum polisi dan jaksa yang melakukan pemerasan kepada pelaku usaha.
  • BPH Migas Diagendakan Bubar dalam Draf Revisi UU Migas

    JAKARTA (JEBATNEWS.COM) - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mewacanakan pembubaran Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dalam draf revisi Undang-undang Nomo
  • Habib Rizieq Tersangka, Pengacara Minta Jokowi Turun Tangan

    JAKARTA (JEBATNEWS.COM) - Pengacara Habib Rizieq, Eggi Sudjana, memprotes penetapan tersangka kliennya. Dia meminta penegak hukum dan pemerintah menghentikan apa yang d
  • KOMENTAR