Kritik Pemerintahan Bupati Amril Mukminin

Orasi Damai Forum Gerak Dihadang Masa PP dan KNPI

Senin, 21 Agustus 2017 15:38:00
BAGIKAN:
Terlihat, Kabag Umum Setdakab Bengkalis Riki Rihardi (Pakai Kacamata Hitam) yang juga Ketua MPC PP Bengkalis menghadang aksi damai dari Forum Gerak.

BENGKALIS (JEBATNEWS.COM)- Aksi damai yang dilakukan Masyarakat Kabupaten Bengkalis yang mengatasnamakan Forum Gerakan Masyarakat Kabupaten Bengkalis (Gerak) pada Senin (21/8), sekira pukul 10.00 WIB tiba-tiba dihadang massa dari Pengurus Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Bengkalis. Sempat terjadi ketegangan pada aksi, namun aparat kepolisian langsung meredam masa PP yang semula menghadang.

Terjadinya ketegangan antara massa Forum Gerak dan PP sepatutnya tidak perlu terjadi. Sebab, dalam melaksanakan orasi, massa Gerak telah melalui jalur resmi dan melakukan aksi dengan damai. Namun, masa PP yang semula hanya menjadwalkan acara Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Aula Gedung Daerah, Jalan Jenderal Sudirman-Bengkalis, langsung turun ke Lapangan Tugu untuk melakukan blokade terhadap massa Forum Gerak yang tengah menyusun barisan untuk bergerak di Lapangan Tugu sesuai jadwal dan tujuan orasi.

Melihat blokade dan orasi spontan yang juga dilakukan oleh massa MPC PP guna menghadang massa Forum Gerak, situasi mulai memanas dan terjadi dorong-dorongan dengan aparat kepolisian.

Terlihat, mantan Ketua MPC PP Bengkalis Hasanudin Afan, M Fakhrorozi alias Agam dan kawan-kawan yang tergabung dalam Forum Gerak mulai terpancing suasana. Aksi saling tunjuk dan hadang terjadi. Afan dan Agam yang berdiri dibarisan depan massa Forum Gerak melakukan aksi perlindungan terhadap massa Forum Gerak yang dihadang massa PP. Saat Afan bersuara terhadap massa PP, seketika massa PP terdiam dan sedikit mundur. Tak lengah, aparat kepolisian dari Polres Bengkalis yang juga dibantu Polsek Bengkalis siap siaga meredam emosional kedua pihak, baik Forum Gerak maupun PP.

"Ini Negeri apa ini. Kok masyarakat melakukan aksi damai untuk mengkritisi pemerintahan dihadang dengan massa berpakaian loreng kemerah-merahan ini," ujar salah satu masyarakat yang melintas.

Karena Forum Gerak hanya melakukan aksi damai, maka pihak kepolisian langsung mengamankan massa PP untuk tidak memperkeruh suasana. Lalu, massa Forum Gerak tidak sedikitpun ciut untuk terus melakukan aksi damai menuju Kantor Bupati Bengkalis.

Kemudian, di Kantor Bupati Bengkalis, massa Forum Gerak kembali dihadang oleh massa KNPI tepat di gerbang pintu masuk Kantor Bupati Bengkalis yang juga kebetulan mengadakan acara bertajuk "Panggung Seni Kebangsaan". KNPI membuat pentas disamping pos penjagaan Satpol PP sambil menyampaikan kegiatan yang dilakukan. Tetapi, hal itu terlihat tidak menyurutkan aksi massa Forum Gerak yang tetap konsisten menyampaikan aksi damai untuk mengkritisi pemerintahan dibawah komando Bupati Amril Mukminin.

Aksi damai Forum Gerak terus berangsung sesuai jadwal. Dari Kantor Bupati Bengkalis, massa langsung bergerak ke Mapolres Bengkalis dan Kejaksaan Bengkalis dengan tema yang sama, mengkritisi pemerintahan Bupati Amril Mukminin yang dianggap serba kesenjangan, baik ekonomi, birokrasi dan dugaan pengaturan paket proyek yang serat dengan kepentingan.

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Sidak ke RSUD Mandau dan Disnakertrans, Ini Harapan Kasmarni

    MANDAU (JN)- Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso sidak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan

  • Safari Ramadhan Perdana, Bupati Bengkalis Serahkan Sejumlah Bantuan

    TALANG MUANDAU (JN)- Safari Ramadhan perdana, Bupati Bengkalis Kasmarni menyerahkan sejumlah bantuan, yakni bantuan untuk kaum dhuafa, anak yatim dan rumah ibadah, Kamis, 15 A
  • Bupati Bengkalis Silaturahmi dengan Suku Sakai di Pematang Padu

    MANDAU (JN)- Bupati Bengkalis Kasmarni melakukan silaturahmi dengan Suku Sakai di Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau Rabu, 10 Maret 2021.
  • PMII Audiensi dengan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Ini yang Dibahas

    BENGKALIS (JN)- Ditengah kesibukannya sebagai pemimpin baru di Kabupaten Bengkalis, Bupati Kasmarni didampingi Wakil Bupati H Bagus Santoso, berkesempatan menerima puluhan mah
  • KOMENTAR