• Home
  • Bengkalis
  • Ini Kata Kapolsek Soal Penangkapan Pekerja Imigran Asing di Rupat Utara

Ini Kata Kapolsek Soal Penangkapan Pekerja Imigran Asing di Rupat Utara

Jumat, 30 Juli 2021 00:26:00
BAGIKAN:
RUPAT UTARA (JN)- Kapolres Bengkalis, AKBP Hendra Gunawan melalui Kapolsek Rupat Utara Iptu Abdul Wahab saat dikonfirmasi di Pos Pol Air Tanjung Medang menjelaskan, pada hari Kamis tanggal 29 Juli 2021 sekira pukul 13:30 WIB telah ditemukan Pekerja Imigran Asing (PMA) di dusun Pasir Putih Desa Putri Sembilan, Kecamatan Rupat utara.

Pekerja PMA tersebut adalah Sobika Begum, Ayesha Bibi, Hajera Bibi dan Norbahar.

Sementara, barang bukti yang diamankan berupa 1 Unit Speed Boat Piber, 1 Unit mesin 40pk merk Yamaha, 1 Unit mesin 30pk merk Yamaha, 1 Unit handphone Merk Nokia C2, 1 Buah Tas Sandang Warna Abu-abu, 1 buah Jaket Jeans Warna Hitam, 1 buah Jaket Warna Biru, 1 buah Celana Training Pendek warna abu-abu.

Adapun kronologis kejadian, pada hari ini, Kamis 29 Juli 2021 sekira pukul 11.00 WIB, Kanit Intel Polsek Rupat utara BRIPKA D. SONY SILALAHI S.H dan Bhabinkamtibmas Desa Kadur & Putri Sembilan, BRIPTU HENRU SIBARANI bersama Babinsa Desa Kadur, PELTU FAUZI mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa akan ada kapal berangkat pada hari Kamis tanggal 29 Juli 2021 dari Dusun Parit Baru Desa Putri Sembilan.

Ada kejadian orang yang tidak dikenal melakukan lundup orang yang diduga PMA dengan menggunakan kapal speed boat dengan 2 Unit Mesin 40pk dan 30pk menuju Malaysia dengan Jumlah penumpang 4 warga negara Myanmar ( Rohingya ).

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Kanit Intel Polsek Rupat utara, BRIPKA D. SONY SILALAHI dan Bhabinkamtibmas Desa Kadur & Putri Sembilan, BRIPTU HENRU SIBARANI bersama Babinsa Desa Kadur, PELTU FAUZI langsung bergerak menuju Lokasi untuk melakukan pengecekan. Akan tetapi, didapati kapal tersebut sudah berangkat sekitar 10 Menitan.

Kemudian Bhabinkamtibmas desa Kadur & Putri Sembilan, BRIPTU HENRU SIBARANI berkoordinasi dengan Kapos sandar Polair Rupat utara Polres Bengkalis, BRIPKA DEDY SUKMA untuk melakukan pengejaran.

Setelah dilakukan Pengejaran, didapati Kapal Speed Boat yang digunakan oleh TKI tersebut sudah berada didalam Hutan bakau, diduga diakibatkan terjadi kerusakan mesin. Sehingga speed boat terdampar di hutan bakau dusun Pasir Putih Desa Putri Sembilan, Kecamatan Rupat utara.

Dilanjutkan penyisiran ke dalam Hutan bakau dan didapati 4 Orang Warga Negara Asing Myanmar (Rohingya) 4 Orang TKI tersebut terdapat dalam keadaan kondisi yang sehat.

"Kemudian, langkah -langkah yang dilakukan adalah mengamankan barang bukti dan PMA di Pos Pol Air Tanjung Medang. Melakukan pemeriksaan awal terhadap PMA. Melakukan penyelidikan terhadap pelaku," kata Kapolsek Rupat Utara, Iptu Abdul Wahab.

Dilanjutkan Kapolsek, direncanakan, untuk PMA dan barang bukti akan dibawa ke Imigrasi Bengkalis pada hari Jumat tanggal 30 Juli 2021 oleh Personil Pol Air dan personil Polsek Rupat Utara.

"Selama giat berlangsung situasi aman kondusif," ujar Kapolsek. Edy S
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR