• Home
  • Bengkalis
  • Dosen Jurusan Bahasa Inggris Poltek Bengkalis Gelar Pelatihan Bahasa Inggris Tahap II

Bagi Atlit Layar Porlasi Bengkalis Tahun 2020

Dosen Jurusan Bahasa Inggris Poltek Bengkalis Gelar Pelatihan Bahasa Inggris Tahap II

Senin, 05 Oktober 2020 09:15:00
BAGIKAN:
BENGKALIS (JEBATNEWS.COM)- Sejumlah Dosen Jurusan Bahasa Politeknik Negeri Bengkalis, melakukan kegiatan berupa pelatihan bahasa inggris bagi atlit Layar Porlasi Kabupaten Bengkalis di Venue layar Selatbaru, Minggu (4/11/20.

Pelatihan bahasa inggris (conversation) bagi atlet Layar Porlasi Kabupaten Bengkali ini diketuai M. I. Gunawan, S.S., M.Hum dan Aswandi, S.Pd., M.Pd sebagai anggota.

Adapun kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Dosen Jurusan Bahasa Politeknik Negeri Bengkalis, sebagai wadah kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Cabang Olahraga (Cabor) Layar merupakan salah satu Cabor, dimana penggunaan bahasa inggris sudah menjadi kebiasaan dalam even-even, baik dalam dan luar negeri.

Even yang dimaksud berupa Kejuaraan Nasional (tahunan) di Jakarta, Kejuaraan Open Regatta (setiap bulan) di Malaysia. 

Komunikasi yang digunakan, baik dalam rapat persiapan lomba, pengumuman hasil kejuaraan dan lain-lain, sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris.

M.I. Gunawan, pria yang akrab disapa Gun ini menjelaskan, pada tahun ini, tim pelaksana melaksanakan kegiatan pelatihan bahasa inggris (Conversation) bagi atlet Layar Porlasi Kabupaten Bengkalis di Venue Layar Porlasi di Selatbaru, dimulai dari tanggal 04 Oktober s/d 01 November 2020.

"Kegiatan pelatihan ini dibiayai oleh Politeknik Negeri Bengkalis, melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, berupa hibah Pengabdian PNBP Polbeng 2020," kata Gun.

Sementara, kegiatan pelatihan tahun 2020 ini, merupakan pelatihan tahap II (lanjutan) dari pelatihan yang telah dilaksanakan ditempat yang sama pada tahun 2019 yang lalu.

Adapun peserta pelatihan lanjut Gun, dibekali dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Yakni percakapan sehari-hari (daily conversation) dengan lancar dan jelas.

Sedangkan materi yang disampaikan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, serta pengetahuan tata bahasa (grammar) secara umum.

Sementara, pada sesi kedua, peserta diberikan keterampilan praktik secara langsung, berupa percakapan sehari-hari (daily conversation), percakapan di seputar dunia olahraga Layar.

"Target luaran yang akan dicapai dalam pelaksanaan Pengabdian PNBP Polbeng 2020 ini adalah, peserta mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui percakapan, dialog dengan baik dan lancar," harap Gun.

Sebab, pelatihan bahasa Inggris (conversation) dilakukan dengan cara melakukan percakapan dengan praktek secara langsung, praktek yang dimaksud berupa percakapan sehari-hari dan percakapan di seputar dunia olahraga Layar.

"Melalui pelatihan ini, kita berharap para atlit Layar Kabupaten Bengkalis memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris," tutup Gun. (red)***
BAGIKAN:
KOMENTAR